RENCANA KEPERAWATAN KELUARGA
No. | Diagnosa Keperawatan | Tujuan | Kriteria Evaluasi | Rencana Intervensi | ||
Jangka Panjang | Jangka Pendek | Kriteria | Standar | |||
1 | Gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi: kurang dari kebutuhan tubuh pada Keluarga Bapak A. khususnya anak D. berhubungan dengan Ketidakmampuan Keluarga merawat anggota keluarga yang mengalami kurang gizi | Setelah dilakukan pertemuan sebanyak 4 kali kunjungan, keluarga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak D yang ditandai dengan peningkatan BB. | 1. Setelah dilakukan pertemuan I sebanyak 1x45 menit, keluarga mampu mengenal masalah kurang gizi. Menyebutkan definisi Gizi. Menyebutkan definisi kurang gizi Menyebutkan tanda dan gejala masalah kurang gizi. Menyebutkan penyebab timbulnya masalah kurang gizi. Mengidentifikasi anggota keluarga yang mengalami kurang gizi. 2. Setelah dilakukan pertemuan ke 1 sebanyak 1x40 menit, keluarga mampu mengambil keputusan dalam merawat anggota keluarga yang mengalami kurang gizi. menyebutkan akibat kurang gizi. pengambilan keputusan untuk mengatasi anggota keluarga yang mengalami kurang gizi. 3. Setelah dilakukan pertemuan ke 2 sebanyak 1x40 menit, keluarga mampu merawat anggota keluarga yang mengalami kurang gizi. menyebutkan triguna makanan. menyebutkan cara mengatasi masalah kurang gizi. menyebutkan cara memilih makanan. menyebutkan cara mengolah makanan. mendemonstrasikan cara mengolah makanan. 4. Setelah dilakukan pertemuan ke 3 sebanyak 1x40 menit, keluarga mampu memodifikasi lingkungan untuk merawat. 4.1 menyebutkan cara penyajian makanan. 4.2 menyebutkan cara mengatasi anak yang tidak bersedia makan. 4.3 Memodifikasi lingkungan yang mendukung untuk meningkatkan status gizi balita. 5. Setelah dilakukan pertemuan 4, selama 1x40 menit keluarga mampu menggunakan fasilitas kesehatan yang ada untuk meningkatkan gizi balita. 5.1. Menyebutkan fasilitas pelayanan kesehatan yang terdapat disekitar lingkungan tempat tinggal terkait dengan peningkatan status gizi balita. 5.2. Menjelaskan manfaat mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan sesuai jadwal. 5.3. Mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan | Respon verbal Respon verbal Respon verbal Respon verbal Respon verbal Respon verbal Respon afektif Respon verbal Respon verbal Respon psikomotor Respon psikomotor Respon verbal dan psikomotor. Respon psikomotor Respon verbal Respon afektif Respon verbal Respon afektif Respon verbal dan afektif. Respon verbal Respon verbal Respon afektif | Keluarga menyebutkan Gizi yaitu zat-zat yang ada di dalam makanan yang diperlukan tubuh untuk kelangsungan kehidupannya. Keluarga menyebutkan Kurang gizi adalah suatu keadaan dimana tubuh tidak mendapatkan zat-zat tubuh tertentu dari makanan. Anggota keluarga mampu menyebutkan 4 dari 5 tanda dan gejala kurang gizi, yaitu:
Anggota keluarga mampu menyebutkan 3 dari 4 penyebab kurang gizi, yaitu: a. makanan yang masuk ke dalam tubuh kurang dari kebutuhan tubuh. b. Makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak seimbang. c. Makan tidak teratur. d. Adanya penyakit tertentu. Keluarga mengatakan anak D mengalami kurang gizi dengan menyebutkan tanda dan gejala tubuh yang kekurangan zat gizi. Anggota keluarga mampu menyebutkan 2 dari 3 akibat kurang gizi, yaitu:
Keluarga memutuskan untuk merawat anak D yang mengalami kurang gizi. Keluarga menyebutkan komponen Triguna makanan beserta 2 contohnya : 1. zat tenaga, sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas dan sumber makanan pokok (karbohidrat) seperti, nasi, roti, gula, singkong, ubi, dll. 2. Zat pembangun, sebagai pupuk untuk proses berpikir, terdapat dalam lauk pauk (protein dan lemak), seperti ikan, telur, tempe, daging, susu, dll. 3. zat pengatur, sebagai pengatur lalu lintas (polisi) makanan, terdapat dalam buah dan sayur (vitamin dan mineral) seperti, wortel, jeruk, nanas, bayam, kangkung, dll. Anggota keluarga mampu menyebutkan 3 dari 4 cara mengatasi kurang gizi, yaitu: a. makan makanan yang seimbang (triguna makanan). b. Makanan sesuai dengan kebutuhan balita (1200 kkal). c. Makan yang teratur. d. Menggunakan prinsip penyajian makanan. Anggota keluarga mampu menyebutkan 3 dari 4 cara memilih makanan, yaitu: a. harganya terjangkau. b. Nila gizinya baik atau seimbang. c. Masih segar, tidak layu, tidak berbau busuk. d. Mudah didapat. Anggota keluarga mampu menyebutkan 3 dari 4 cara mengolah makanan, yaitu: 1. sayuran dan buah dicuci di air yang mengalir terlebih dahulu baru dipotong-potong. 2. Sayuran dimasak jangan terlalu lama. 3. Alat-alat masak dan makan dicuci bersih. 4. Cuci tangan sebelum masak dan makan. Mahasiswa dan keluarga mengolah makanan yang sederhana, yaitu memasak sayur bayam. Caranya sebagai berikut: Sayuran dicuci di air mengalir kemudian dipotong-potong dan dimasukkan saat air mendidih. Sebelumnya masukkan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan secukupnya. dan diangkat saat sayuran tidak menjadi layu. Anggota keluarga mampu menyebutkan 3 dari 4 cara menyajikan makanan, yaitu: a. jenis makanan bervariasi setiap harinya. b. Mengkombinasikan jenis makanan hewani dan nabati. c. Perhatikan jadwal menu makanan. d. Jumlah makanan sesuai dengan kebutuhan. Anggota keluarga mampu menyebutkan 4 dari 5 prinsip cara mengatasi anak yang tidak bersedia makan, yaitu: a. jangan dipaksa tapi, ikuti keinginan anak misalnya, sambil bermain. b. Beri makan sesuai selera anak dan tidak membosankan. c. Jangan memberi makanan yang manis sebelum makan. d. Sajikan makanan dalam bentuk menarik. e. Berikan makanan dalam porsi kecil tapi, sering. Anggota keluarga mampu menyebutkan 3 dari 4 lingkungan yang mendukung untuk meningkatkan status gizi balita, yaitu: f. makan bersama anggota keluarga yang lain. g. Menggunakan alat makan yang menarik. h. Makan sambil bercerita. i. Jenis makanan bervariasi dan menarik. Keluarga dapat menyebutkan fasilitas kesehatan yang dapat dikunjungi: - Puskesmas - Rumah sakit - Klinik dokter Keluarga dapat menyebutkan manfaat kunjungan: - Mendapatkan pemeriksaan kesehatan anak. - Mendapatkan penyuluhan atau pendidikan kesehatan. Keluarga rutin mengunjungi pelayanan kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan anak . | a. Diskusikan bersama keluarga apa yang diketahui keluarga mengenai pengertian gizi. b. Berikan pujian kepada keluarga tentang pemahaman keluarga mengenai pengertian gizi yang benar. c. Berikan informasi kepada keluarga mengenai pengertian gizi dengan menggunakan media flip chart. d. Berikan kesempatan kepada keluarga untuk bertanya tentang materi yang disampaikan e. Berikan penjelasan ulang terhadap materi yang belum dimengerti f. Motivasi keluarga untuk mengulang materi yang telah dijelaskan g. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga a. Diskusikan bersama keluarga apa yang diketahui keluarga mengenai pengertian kurang gizi. b. Berikan pujian kepada keluarga tentang pemahaman keluarga mengenai pengertian kurang gizi yang benar. c. Berikan informasi kepada keluarga mengenai pengertian kurang gizi dengan menggunakan media flip chart. d. Berikan kesempatan kepada keluarga untuk bertanya tentang materi yang disampaikan. e. Berikan penjelasan ulang terhadap materi yang belum dimengerti. f. Motivasi keluarga untuk mengulang materi yang telah dijelaskan. g. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga. a. Diskusikan bersama keluarga apa yang diketahui keluarga mengenai tanda dan gejala kurang gizi. b. Berikan pujian kepada keluarga tentang pemahaman keluarga mengenai tanda dan gejala kurang gizi. c. Berikan informasi kepada keluarga mengenai tanda dan gejala kurang gizi dengan menggunakan media flip chart d. Berikan kesempatan kepada keluarga untuk bertanya tentang materi yang disampaikan e. Berikan penjelasan ulang terhadap materi yang belum dimengerti f. Motivasi keluarga untuk mengulang materi yang telah dijelaskan g. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga. a. Diskusikan bersama keluarga apa yang diketahui keluarga mengenai penyebab kurang gizi. b. Berikan pujian kepada keluarga tentang pemahaman keluarga mengenai penyebab kurang gizi yang benar. c. Berikan informasi kepada keluarga mengenai penyebab timbulnya kurang gizi dengan menggunakan media flip chart d. Berikan kesempatan kepada keluarga untuk bertanya tentang materi yang disampaikan e. Berikan penjelasan ulang terhadap materi yang belum dimengerti f. Motivasi keluarga untuk mengulang materi yang telah dijelaskan g. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga a. Tanyakan kepada keluarga, adakah anggota keluarga yang mempunyai tanda dan gejala tubuh kekurangan gizi. b. Berikan reinforcement positif atas apa yang telah dikemukan keluarga yang tepat dan benar. a. Diskusikan bersama keluarga apa yang diketahui keluarga mengenai akibat kurang gizi. b. Berikan pujian kepada keluarga tentang pemahaman keluarga mengenai akibat kurang gizi. c. Berikan informasi kepada keluarga mengenai kurang gizi dengan menggunakan media flip chart d. Berikan kesempatan kepada keluarga untuk bertanya tentang materi yang disampaikan e. Berikan penjelasan ulang terhadap materi yang belum dimengerti f. Motivasi keluarga untuk mengulang materi yang telah dijelaskan g. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga a. Bantu keluarga untuk mengenal dan menyadari adanya masalah kurang gizi sesuai dengan materi yang telah diberikan. b. Bantu keluarga untuk memutuskan merawat anggota keluarga yang mengalami kurang gizi c. Berikan reinforcement atas keputusan yang telah diambil h. Diskusikan bersama keluarga apa yang diketahui keluarga mengenai triguna makanan. i. Berikan pujian kepada keluarga tentang pemahaman keluarga mengenai triguna makanan yang benar. j. Berikan informasi kepada keluarga mengenai triguna makanan dengan menggunakan media flip chart. k. Berikan kesempatan kepada keluarga untuk bertanya tentang materi yang disampaikan. l. Berikan penjelasan ulang terhadap materi yang belum dimengerti. m. Motivasi keluarga untuk mengulang materi yang telah dijelaskan. n. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga. a. Dorong keluarga untuk menceritakan apa yang dilakukan untuk meningkatkan berat badan anak D. b. Diskusikan cara mengatasi kurang gizi atau cara untuk meningkatkan berat badan anak D. c. Berikan informasi kepada keluarga mengenai cara mengatasi kurang gizi atau cara untuk meningkatkan berat badan anak D dengan menggunakan media flip chart. d. Motivasi keluarga untuk menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan. e. Berikan reinforcement terhadap kemampuan yang dicapai oleh keluarga. a. Dorong keluarga untuk menceritakan bagaimana memilih bahan makanan. b. Berikan informasi kepada keluarga mengenai cara memilih bahan makanan dengan menggunakan media flip chart. c. Motivasi keluarga untuk menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan. d. Berikan reinforcement terhadap kemampuan yang dicapai oleh keluarga. a. Dorong keluarga untuk menceritakan cara mengolah makanan. b. Berikan informasi kepada keluarga mengenai cara mengolah makanan dengan menggunakan media flip chart. c. Motivasi keluarga untuk menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan. d. Berikan reinforcement terhadap kemampuan yang dicapai oleh keluarga. a. Demonstrasikan cara mengolah makanan kepada keluarga. b. Anjurkan keluarga untuk mendemonstrasikan mengolah makanan bersama mahasiswa. c. Berikan kesempatan kepada keluarga untuk bertanya mengenai materi yang diberikan d. Motivasi keluarga untuk mendemonstrasikan secara mandiri. e. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga o. Diskusikan bersama keluarga bagaimana cara menyajikan makanan. p. Berikan pujian kepada keluarga tentang pemahaman keluarga yang benar. q. Berikan informasi kepada keluarga mengenai cara menyajikan makanan dengan menggunakan media flip chart. r. Berikan kesempatan kepada keluarga untuk bertanya tentang materi yang disampaikan. s. Berikan penjelasan ulang terhadap materi yang belum dimengerti. t. Motivasi keluarga untuk mengulang materi yang telah dijelaskan. u. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga. v. Diskusikan bersama keluarga bagaimana cara mengatasi anak yang tidak bersedia makan w. Berikan pujian kepada keluarga tentang pemahaman keluarga yang benar. x. Berikan informasi kepada keluarga mengenai cara mengatasi anak yang tidak bersedia makan dengan menggunakan media flip chart. y. Berikan kesempatan kepada keluarga untuk bertanya tentang materi yang disampaikan. z. Berikan penjelasan ulang terhadap materi yang belum dimengerti. aa. Motivasi keluarga untuk mengulang materi yang telah dijelaskan. ä. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga. a. Diskusikan bersama keluarga tentang modifikasi lingkungan untuk meningkatkan status gizi balita. b. Berikan pujian kepada keluarga tentang pemahaman keluarga yang benar. c. Berikan informasi kepada keluarga mengenai modifikasi lingkungan untuk meningkatkan status gizi balita dengan menggunakan media flip chart. d. Berikan kesempatan kepada keluarga untuk bertanya mengenai materi yang dibahas e. Motivasi keluarga untuk mengulang materi yang telah dibahas f. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga. a. Diskusikan bersama keluarga mengenai fasilitas kesehatan yang ada disekitar tempat tinggal b. Motivasi keluarga untuk mengulang fasilitas kesehatan yang dapat dikunjungi c. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga a. Diskusikan bersama keluarga apa yang diketahui keluarga mengenai manfaat mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan b. Berikan pujian kepada keluarga tentang pemahaman keluarga mengenai manfaat tersebut c. Berikan informasi kepada keluarga mengenai manfaat mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan dengan menggunakan media flip chart d. Berikan kesempatan kepada keluarga untuk bertanya tentang materi yang disampaikan e. Berikan penjelasan ulang terhadap materi yang belum dimengerti f. Motivasi keluarga untuk mengulang materi yang telah dijelaskan g. Berikan reinforcement positif atas usaha keluarga a. Motivasi keluarga untuk berkunjung ke fasilitas kesehatan. b. berikan reinforcement positif atas usaha keluarga untuk menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar